Donnie Yen, Jackie Chan – Di mata Xu Xiaodong

Masih tentang Xu Xiaodong yang mengguncang dunia persilatan dengan video tarung 10 detiknya -bulan April lalu, berikut petikan wawancara yang dilansir oleh Tencent Entertainment. Petarung MMA, yang dikenal dengan julukan “The Madman”, ketika ditanya siapa yang lebih baik jago saat mereka berada di puncak antara Jackie Chan dan Donnie Yen, Xu tegas menjawab bintang “Ip Man” tanpa ragu2.

Menurutnya “Donnie adalah seniman bela diri yang legitimate. Sedangkan Jackie Chan tak lebih dari sekedar seorang aktor ketimbang jagoan sesungguhnya,” katanya.

Pada kenyataannya, Jackie berlatih banyak disiplin seni bela diri China, juga Hapkido dari Korea. Ia juga berlatih aliran lain termasuk Karate, Judo dan Taekwondo.

Namun, tak seperti Jackie, Donnie adalah juara bela diri yang bonafid, dan pernah memenangkan beberapa turnamen wushu di masa mudanya –bahkan berlatih dengan tim Wushu Beijing saat ia masih remaja.

Bintang “Kung Fu Jungle” ini juga ber-eksperimen dalam berbagai seni bela diri lainnya, termasuk Muay Thai, Brazilian Jiu-jitsu, Wing Chun, kickboxing, dan Jeet Kune Do.

Di sisi lain, ketika ditanya apa pelajaran terpenting dari pertarungannya yang terdahulu dengan Wei Lei, Xu menjawab bahwa, “Kebenaran menghancurkan mitos.”

Bisa aja Mas ‘Odong2’ ini lol.
Dia belum lihat film terbaru Jackie Chan sih.

Gambar diambil dari sini.

Comments

comments