Wedang Uwuh Jogjakarta

Bagi anda yang suka mampir ke kota Jogja pasti tidak asing lagi dengan minuman beraroma rempah2 yang bernama Wedang Uwuh. Warnanya merah agak menakutkan, tetapi rasanya menghangatkan. Apa sih wedang uwuh?

Begini definisi wedang uwuh menurut paklik Wiki:

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan “sampah“. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Bahan dari wedang uwuh ini adalah : Jahe, Kayu Secang, Cengkeh, bunga cengkeh, batang cengkeh dan daun cengkeh, Kayu manis dan daun kayu manis, Pala dan daun pala, Akar sereh dan daun sereh, Kapulaga dan tentu saja Gula batu.

Lalu apa manfaatnya? Banyak yang bilang untuk menurunkan kolesterol dan sebagai antioksidan.

Dan kamu tahu nggak, ada yang bilang kalau Wedang Uwuh ini dulunya adalah minuman kesukaan para Raja. Pantesan wuenak banget ya. Saya bahkan ga nahan minum sampai 3 kali sehari. Kok bisa? Ya bisalah. Kan ga perlu ke cafe atau rumah makan untuk minum ini, sekarang ada yang menjualnya dalam plastik sachet. Praktis dan Menyehatkan. Lho kok seperti iklan? Lha memang ini iklan cyin…. 🙂

Harganya Rp. 35.000, isi 10. Belum ongkir.
Mauuu? Beli duong! Oke?
Bisa hubungi Giraz di 0895357387513

Comments

comments